Menulislah...Ceritakan Apa Yang Kamu Rasakan

Musim Hujan Waktunya Para Ibu Waspada Dengan Demam Berdarah Yang Siap Menyerang Anak Anak


Dari awal tahun 2020 Hujan mulai menyapa sebagian wilayah di Indonesia, dengan frekuensi yang cukup sering  hujan juga mengakibatkan dibeberapa lokasi menjadi banjir.  Bagi anak anak banjir merupakan kebahagiaan tersendiri, dimana mereka bisa bermain air menikmati masa masa bahagianya.  Namun bagi orang tua  hujan dan banjir merupakan hal yang harus diwaspadai, karena dibalik itu ada penyakit yang biasanya mendekati. Apalagi jika fisik anak anak tidak kuat bukan tak mungkin lebih rentang dengan penyakit. Dan biasanya yang sering terjadi saat musim hujan ini adalah Demam Berdarah  Dengue ( DBD ).

Hujan deras disertai banjir mungkin di nilai dapat mengusir perkembangbiakan nyamuk, namun ternyata hewan kecil ini bakalan muncul kembali ketika air mulai surut.  Dan sisa genangan air  merupakan surga bagi nyamuk untuk berkembang biak dengan leluasanya.
Nyamuk yang paling ditakuti oleh orang tua adalah nyamuk Betina Aedes Aegypti, karena jenis nyamuk inilah yang bisa menyebarkan virus DBD kepada penderita yang terkena gigitannya.



Pencegahan Deman Berdarah Dengue ( DBD )
Nyamuk Aedes Aegypti sering menyerang pada waktu pagi hingga  petang hari, baik didalam rumah maupun diluar ruangan. Sehingga baik sekali saat dimusim penghujan ini orangtua berusaha melakukan berbagai pencegahan  seperti :
  • Memberikan lotion anti nyamuk kepada anak anak, setidaknya bisa melindungi tubuh mereka dari gigitan nyamuk berbahaya ini ketika sedang bermain.
  • Saat musim penghujan, ada baiknya memakainya baju dan celana panjang kepada anak anak, meski tubuh mereka sudah diberi lotion anti nyamuk.
  • Hindari menggantung  pakaian bekas di balik pintu atau didalam kamar mandi, hal ini membuat nyamuk senang bersarang dibalik pakaian.
  • Semprotkan obat pembunuh serangga di kolong tempat tidur, dibawah sofa, dibalik lemari, gorden karena tempat seperti ini juga disenangi oleh nyamuk untuk bersarang.
  • Tutup rapat wadah penampungan air, seperti drum, ember  dan jangan lupa sering membersihkan bak mandi.
  • Jika memungkinkan disaat musim penghujan, gunakanlah kelambu untuk tidur, hal ini sangat membantu melindungi dari gigitan nyamuk.
         
       Ketika pencegahan sudah dilakukan,  namun anak sudah mengalamai demam tinggi selama beberapa hari ,maka pertolongan pertama yang bisa kita lakukan sebagai orangtua adalah memberinya obat penurun panas seperti Termorex karena selain memiliki rasa buah yang disukai anak anak,  kandungan paracetamolnya pun dianggap mampu menurunkan panas.  Berdasarakan artikel yang saya baca di Panduanbunda apabila demam anak bisa mencapai suhu 40 derajat celsius selama beberapa hari , bisa jadi anak sudah terkena  Gejala DBD.

Beberapa Fitur dari Laman Panduan Bunda 

Gejala Demam Berdarah Dengue ( DBD )
 Namun sebelum menyimpulkan bahwa anak pasti terkena DB D ada baiknya kita sebagai orang tua mengetahui gejala gejala yang nampak dari tubuh anak, seperti :
  • Anak bisa dikatakan mengalami DBD  jika demamnya mencapai suhu 40 derajat Celcius
  • Anak mengalami pusing / sakit kepala
  • Hilangnya nafsu makan pada anak, bahkan anak mengalami mual dan muntah
  • Anak mengalami nyeri pada bagian tulang, otot serta sendi, biasanya gejala ini akan muncul 4-7 hari setelah terkena gigitan nyamuk Aedes penyebab DBD
  • Munculnya bintik bintik merah ( ruam ) pada sekujur tubuh anak yang disebabkan oleh virus dengue yang menyerang  system pembekuan darah dalam tubuh
    
Setelah gejala DBD terlihat pada anak, maka kita tak perlu menunda waktu untuk membawa anak kerumah sakit, agar bisa diperiksa lebih lanjut dan mendapatkan pengangan yang tepat oleh dokter. Karena sampai saat ini belum  ada obat khusus untuk pengobatan infeksi dengue.  Selain memberikan minuman lebih banyak agar tidak terjadi dehidrasi, istirahat yang cukup,  dan mengkomsumsi obat sesuai anjuran dokter.

Sebagai orang tua mari kita jaga kebersihan lingkungan disekitar  dan lebih waspada disaat musim penghujan datang. Untuk mendapatkan info yang bermanfaat tentang kesehatan keluarga yuk follow media sosialnya @panduanbunda baik di pansfage facebook, twitter dan juga instagramnya, agar kita tidak ketinggalan lagi info penting lainnya buat kesehatan keluarga.

Instagram: @panduanbunda
- Facebook : https://www.facebook.com/panduanbunda/
- Official website https://www.panduanbunda.com
- Twitter : https://twitter.com/panduanbunda





11 komentar:

  1. Kita harus aware ya bun dengan kebersihan lingkungan sekitar, jadi suka worry tp jika kita lakukan pencegahan akan sgt baik..

    BalasHapus
  2. Aku udah follow semua akunnya loh, terima kasih mba infonya.

    BalasHapus
  3. Terkadang ketika anak demam tinggi kita sudah khawatir tanpa memperhatikan gejala yg ada

    BalasHapus
  4. demam berdarah emang salah satu hal yang dikhawatirkan banget ya kak. kita emang wajib banget mencegah dan memastian anak aman

    BalasHapus
  5. wah terima kasih sekali bunda infonya sangat bermanfaat

    BalasHapus
  6. Harus selalu bawa obat anti nyamuk kemana2 yaa Bun..

    BalasHapus
  7. Iya mam, jangan sampe deh keluarga kita terkena DBD. Lebih baik mencegah daripada mengobati.

    BalasHapus
  8. Makasih infonya bunda, kayaknya mesti sedia Ternorex jg nih di rumah buat jaga-jaga. Tips2 juga patut diterapkan nih, berguna banget infonya

    BalasHapus
  9. Memang harus siapnsedia kalo jadi ibu ya kak

    BalasHapus
  10. Harus siap sedia jadi ibu ya kak

    BalasHapus
  11. Harus siap sedia jadi mam ya kak

    BalasHapus

My Instagram