Menulislah...Ceritakan Apa Yang Kamu Rasakan

Beberapa Cara Menghindari Penipu Saat Berbelanja Online


Banyak keuntungan yang didapat saat berbelanja online , karena sangat menggiurkan dan banyak digemari oleh para pecinta berbelanja di toko fashion wanita, namun belanja online juga bukannya tidak disertai dengan resiko yang ada, beberapa orang bahkan menganggap berbelanja online memiliki banyak sekali resiko hingga berbelanja online dihindari untuk dilakukan.

Adapun Beberapa resiko yang bisa saja kamu alami ketika berbelanja online diantaranya ketidaksesuaian barang yang bisa saja kamu dapatkan karena kamu tidak dapat memilih barang secara langsung ketika berbelanja, selain itu barang dapat saja rusak atau bahkan hilang ketika pengiriman jika si penjual memilih menggunakan jasa pengiriman yang tidak terpercaya.

Hal lain yang menjadi resiko utama lainnya yakni adanya oknum penjual yang tidak jujur dan kerap kali melakukan penipuan mulai dari ketidaksesuaian barang saat dikirimkan hingga tidak dikirimkannya barang yang telah dipesan.


Adapun ciri-ciri toko online penipu dan cara menghindarinya agar kamu tetap berbelanja dengan aman dan terhindar dari penipuan, Yuk  simak beberapa ciri penipu online di bawah ini untuk berbelanja lebih aman:

1. Menawarkan harga yang tak masuk akal
Hal yang satu ini sebetulnya merupakan ciri yang sulit sekali untuk dihidari karena siapa yang tidak tergiur dengan harga murah yang ditawarkan, namun kita juga jangan pernah langsung percaya saja jika sang penjual menawarkan harga yang jauh berbeda dengan harga pasaran yang berlaku, jika mereka berdalih harga murah yang ditawarkan merupakan harga diskon amatilah dan bandingkan dengan harga lain dengan produk yang sama, selain dicurigai barang tidak akan dikirimkan kamu juga akan terancam mendapatkan barang palsu.

2. Review buruk dan tak ada testimoni
Jika kamu belanja di situs belanja online atau sosial media maka ada hal yang cukup meyakinkan kamu apakah penjual dapat dipercaya atau tidak yaitu dengan adanya review atau testimoni yang disediakan, dengan adanya review kamu bisa melihat dan mengamati reputasi penjual apakah memiliki reputasi yang baik di mata pelanggan atau tidak, walau demikian kamu juga harus tetap berhati-hati karena beberapa penipu sudah banyak menyediakan testimoni palsu. Namun nampaknya hal ini akan sulit dilakukan oleh penjual yang ada di situs belanja online terpercaya.

3. Tidak menyertakan pilihan pembayaran COD
Cash on delivery atau pembayaran yang dilakukan setelah barang tiba merupakan cara yang paling aman terutama jika kamu membeli barang dengan nilai jual yang cukup tinggi, sehingga dengan tipe pembayaran ini belanja akan sangat aman karena barang dipastikan sampai terlebih dahulu sebelum kamu melakukan  pembayaran, sehingga beberapa oknum penjual penipu tidak akan menyediakan pilihan pembayaran ini karena terlalu beresiko untuk mereka.

4. Penjual tidak mengetahui detail produk menyeluruh
Hal ini sebenarnya hanya dilakukan oleh penipu yang terlampau nekad, yaitu tidak mengetahui detail produk yang mereka jual. Contoh kasusnya adalah jika kamu membeli handphone, tanyakan mengenai spesifikasi lengkap hingga fitur yang ada pada handphone tersebut, jika penjual salah menyebutkan spesifikasi atau bahkan tidak tahu maka kamu patut curiga. Namun sekali lagi hal ini akan sangat kecil kemungkinan untuk terjadi jika kamu belanja di situs belanja online terpercaya.

Nah itu dia beberapa ciri-ciri toko online penipu dan cara menghindarinya diantaranya adalah untuk selalu mengamati reputasi toko terlebih dahulu, pastikan toko merupakan toko terpercaya, salah satu cara mengatasinya misalnya jika kamu berbelanja di aplikasi seperti lazada maka akan ada logo LazMall jika toko tersebut terpercaya dengan reputasi yang baik, selain itu jika kamu berbelanja gadget atau barang bernilai tinggi lainnya usahakan lakukan sistem pembayaran COD agar kamu dapat melihat detail produk secara langsung, dan juga tak apa menjadi pembeli yang banyak bertanya asalkan kamu dapat memastikan kamu mendapatkan barang yang original dan pastikan juga penjual menggunakan jasa pengiriman terpercaya.

Dan yang paling aman berbelanjalah di situs belanja online terpercaya dan hindari transaksi abal-abal melalui chat pribadi yang beresiko.


1 komentar:

  1. emm, harus hati-hati ya mbak, belanja online. apalagi yang tidak di pihak ketiga. seperti toped atau bl.

    BalasHapus

My Instagram