Menulislah...Ceritakan Apa Yang Kamu Rasakan

Beberapa Hal Yang Harus di Perhatikan Saat Mencari Rumah Kontrakan

Memutuskan untuk menikah artinya memutuskan untuk belajar hidup mandiri dari nol. Memang selalu ada pilihan untuk tetap tinggal bersama orang tua atau memilih tinggal dirumah sendiri. Jikalau memutuskan untuk tinggal bersama orangtua tentulah lebih ringan karena segala keperluan bisa saling bantu dan peralatan rumah tangga pun telah tersedia, mungkin hanya memikirkan bagaimana pengeluaran untuk makan sehari hari dan bayar air listrik.

Namun tinggal bersama mertua atau orangtua juga memilih kelemahan salah satunya mungkin sikap atau tingkah laku pasangan yang kurang cocok dengan orangtua kita. Nah untuk menghindari adanya pertikaian memang ada baiknya tinggal sendiri. Dijaman sekarang mencari Kontrak Rumah Murah tidak begitu sulit, karena tinggal searching di pencarian google ketemu deh sesuai dengan selera dan kemampuan.


foto : sewarumah.net

Walau penyedia sewa rumah ditebet begitu banyak, namun tetap kita harus memperhatikan beberapa hal berikut ini, agar kita tidak salah memilih rumah sewa :

1. Lokasi
Pilihlah lokasi yang dekat dengan tempat dimana kita bekerja, hal ini tentunya membuat kita berhemat waktu dan juga uang bensin / transport. Lokasi rumah dengan kantor yang dekat juga membuat kita tak perlu bangun terlalu subuh demi menghindar macet untuk menuju kekantor. 
Selain dekat dengan kantor, ada baiknya lokasi rumah yang akan kita sewa berada dekat dengan pasar, sehingga memudahkan kita untuk berbelanja segala kebutuhan dengan berjalan kaki saja. Namun sebaiknya lokasi rumah jangan didekat tempat hiburan, ini tentunya akan memberikan suasana bising, sehingga kita juga kurang bisa beristirahat dengan tenang. Bukannya sepulang kerja kita membutuhkan suasana yang tenang ?

2. Harga 
Cari rumah sewa juga harus sesuai dengan kemampuan kita. Jangan sampai gaji tiap bulan hanya habis untuk membayar sewa rumah. Minimal untuk bayaran kontrakan 20 persen dari gaji yang kita terima setiap bulan. Untuk harga sewa rumah ini biasanya bisa di negosiasikan dengan pemilik sebelum perjanjian dibuat. Biasanya pemilik rumah akan memberikan harga lebih murah jika kita mengambil jangka waktu satu tahun daripada mengambil harga sewa yang dibayar setiap pertiga bulan sekali. 

3. Kondisi Rumah
Setelah mendapatkan lokasi dan harga yang cocok, kita harus melihat langsung kondisi rumah yang akan kita sewa. Dikarenakan kita tinggal didalamnya, pastikan kita menyukai rumah tersebut. Kita juga harus perhatikan setiap ruangannya apakah ada yang bocor, ada dinding yang retak atau ada yang rusak. Hal ini bisa dibicarakan dengan pemilik rumah, agar segera diperbaiki sebelum kita menempatinya. Rumah sewa yang nyaman tidak harus mewah, namun harus nyaman bagi penghuninya. Perhatikan juga dengan kelancaran air dan listriknya, jangan sampai rumah yang kita sewa susah mendapatkan air bersih, karena hal ini tentunya akan merepotkan kita sendiri. 

4. Lingkungan
Setelah lokasi, harga dan kondisi rumah, lingkungan juga sangat berpengaruh dengan kenyamanan kita tinggal disuatu daerah, usahakan lingkungan rumah yang disewa memiliki tetangga yang baik hati, memilki perangkat RT RW sehingga jika terjadi sesuatu, kita bisa segera melapor. Lingkungan yang baik dan aman sangat penting agar kita bisa betah tinggal didaerah tersebut. 

Penyedia layanan sewa rumah memang banyak, akan tetapi sekali lagi sebagai penyewa kita harus jeli, karena sebisanya kita tinggal dirumah sewa  dalam waktu yang lama agar kita tidak sebentar bentar pindah rumah. Kebayang dong kan repotnya pindah rumah? mesti bongkar pasang isi lemari, belum lagi alat alat rumah tangga yang harus dibawa seperti meja kursi, duh repot. Nah sebagai orang yang baru memiliki keluarga kecil , tentunya memiliki rumah sendiri walaupun itu masih ngontrak adalah hal yang paling menyenangkan, karena dari rumah tersebut kita belajar mandiri, mengumpulkan alat alat rumah tangga sedikit demi sedikit yang akhirnya bisa mengisi rumah.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

My Instagram