Menulislah...Ceritakan Apa Yang Kamu Rasakan

Jalan Jalan Ke Pulau Mubut Barelang Batam

Hari libur meski cuaca agak mendung, tak menyurutkan niatku ingin membawa adikku jalan jalan ke Barelang, tepatnya ke Pulau Mubut, maklum saja kami susah menemukan moment libur bersama, karena adikku lebih sering lembur pada sabtu dan minggu.




Pilihan kali ini aku ingin mengajaknya ke Pulau Mubut, yang berada di daerah Barelang. Lama perjalanan yang kami tempuh sekitar 1 jam menggunakan sepeda motor dari simpang Tembesi Batuaji.  Kira kira 25 menit setelah melewati jembatan 4  Barelang, kami  masuk ke Desa Sembulang untuk menuju pelabuhan, perjalanan dari Desa Sembulang menuju pelabuhan juga cukup jauh ya, sekitar 25 menit juga, namun jangan khawatir, pemandangan disini cukup indah, sehingga tak terasa kita sudah melewati perjalanan yang cukup jauh. 

Sampai di ujung Desa Sembulang, maka kita akan melihat beberapa area parkiran, dimana tempat kita menitipkan kendaraan baik roda 4 maupun roda 2, biaya parkir sekitar Rp 5.000-10.000. Kemudian kita melanjutkan menaiki kapal pancung untuk menuju Pulau Mubut dengan lama tempuh sekitar 15 menit saja dengan biaya per orang Rp 45.000/ pp.


Gerbang masuk Pulau Mubut

Tiba di Pulau Mubut kita akan disambut hamparan pasir putih dan biru nya laut. Pulau Mubut juga semakin tertata dilihat dari adanya beberapa gazebo, musholla, toilet dan juga beberapa kamar dan rumah untuk pengunjung yang akan menginap di Pulau. Saya sempat bertanya kepada pengelola, biaya sewa rumah panggung permalam sekitar Rp 350.000. Untuk restaurant juga sudah tersedia di Pulau Mubut, sehingga mau bawa bekal makanan atau tidak pengunjung takkan merasa kelaparan disini. 

Penginapan di Pulau Mubut

Penginapan di Pulau Mubut

Musholla di Pulau Mubut

Suasana Pulau Mubut sangat asik dan menyenangkan, tak salah jika para pengunjung memanfaatkan lokasi ini untuk melakukan berbagai aktifitas seperti mandi, bermain volly, main gitar, santai santai di ayunan. Apalagi anak anak, sepertinya mereka tak akan melewati untuk berenang di tepi pantai Pulau Mubut karena airnya bersih.

Hamparan Pasir Putih di Pulau Mubut

Pengunjung yang asik berenang

Aku dan adikku memilih untuk piknik dan bersantai di ayunan saja, sembari menikmati makan siang yang kami bawa dari rumah. Sesekali kami pun ke bibir pantai untuk sekedar berfoto dan bermain air. Pengen banget ikutan mandi, namun kami tak membawa pakaian ganti, alhasil kami hanya melihat pengunjung dengan segala aktifitasnya.

Hari menjelang sore, akhirnya kami memutuskan untuk kembali ke Batam, agar kami tidak kemalaman di jalan.  Nah buat kalian yang pengen piknik bersama keluarga dan teman teman sekantor, Pulau Mubut bisa jadi pilihannya :) 


Jembatan menuju dermaga

Schedule Pancung ke Pulau Mubut 

Oh ya untuk transportasi umum dari Batam menuju Desa Sembulang sudah ada DAMRI ya, hanya saja jeda waktu perjalanan mereka sekitar 3 jam sekali, dan itupun hanya sampai sore saja, jadi saran saya jika ingin perjalanannya santai, sebaiknya membawa kendaraan sendiri.















4 komentar:

  1. Keren banget pantainya ya ..., bersih dan ombaknya tenang.
    Buat renang-renang asik banget nih, kak.

    Layanan fasilitas keberangkatan kapalnya juga diatur fleksibel.
    Itu jadi nilai plus tersendiri.

    BalasHapus
  2. ya kak... senang banget ada di Pulau ini

    BalasHapus
  3. wah bisa nih di agendakan buat weekend besok. Oiya btw boleh mendirikan tenda nggak di situ mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh nenda disana kak, tinggal lapor aja sama pengelolanya..paling kena biaya kebersihan aja :)

      Hapus

My Instagram