Menulislah...Ceritakan Apa Yang Kamu Rasakan

Belajar Membuat Selai Nanas Untuk Kue Nastar

Kalo ditanya apa aku bisa memasak dan membuat kue ? rasanya jawabannya yaa pandailah dikit dikit, namun entah apa rasanya aku pun tak yakin, karena selama memasak aku lebih sering menggunakan bumbu instan yang sudah banyak tersedia dipasar, jika disuruh mengulek sendiri bahan bahannya, duuhh malasnya minta ampun :(  jangan ditiru ya

Nanas yang sudah diparut dan dicampur dengan gula pasir, kayu manis, cengkeh

Nah entah mimpi apa si kawan tiba tiba datang kerumah membawa dua buah nanas ukuran besar, aku yang benar benar alergi dengan buah nanas ini jadi mengerutkan kening. Ini buat apa, aku gak suka nanas loh, apalagi memasaknya ucapku pada kawan yang mungkin dia belum tau bahwa aku gak suka nanas karena pernah trauma makan buah ini banyak kemudian lidahku gatal, sejak itu aku gak mau lagi makan nanas. Namun sikawan hanya berkata, terimalah mana tau kamu mau buat kue nastar, kan tak lama lagi lebaran tiba. Sebenarnya aku malas menerimanya karena bakalan gak ada waktu untuk membuat kue nastar, pun memang aku gak pandai membuatnya, namun demi menjaga perasaannya aku terima saja.

Nanas yang telah di parut



Kayu manis dan cengkeh

Dua hari nanas itu dirumah, dan masih terletak didapur tanpa ku sentuh, namun kuliat warna kulitnya sudah benar benar menguning, artinya mungkin nanas ini akan segera busuk, meski agak malas aku coba browsing juga cara membuat selai nanas. Melihat bahan bahan yang digunakan dalam membuat selai semua ada dirumahku, akhirnya aku coba membuatnya

Bahan Bahan Membuat Selai Nanas :

2 Buah Nanas potong dan bersihkan kemudian diparut
5 Sendok Gula Pasir
Kayu manis, cengkeh secukupnya

Cara Membuatnya :
Masak nanas yang sudah dikasi gula pasir , kayu manis dan cengkeh, kemudian aduk aduk terus sampai air nya habis dan mengental, ketika mulai mengental dan sedikit berubah warna, kecilkan api kemudian aduk aduk lagi sampai benar benar kering, kemudian matikan api dan biarkan dingin

Ketika sudah dingin aku mencoba selai yang aku buat, rasanya manis dan aku sendiri tak tau apakah benar begitu rasanya seperti yang orang orang buat. Karena jujur memang aku gak pandai membuatnya, namun setidaknya aku tidak mengecewakan teman yang sudah memberiku buah nanas ini, dan yang pasti tak ada yang tak bisa jika kita mau melakukannya. :) 


Sudah jadi Selai Nanas

Buat kalian... jangan kasi aku nanas lagi ya? kalo mau ngasi buah itu pisang, alpokat, pepaya, rambutan nah ini buah buahan favorit aku, yakin sebentar aja ludes di mulutku :) 



8 komentar:

  1. Hehehe .. ayook jangan jadi pemalas lagi,kak 😁

    Tuh dah pinter bikin selai nanas 😉
    Moga udah berhasil biki selai nanas, jadi rajin bikin resep2 yang lain ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. heheheh semoga ya kak :)

      Hapus
    2. Kusupport nih,kak ... buat rajin lagi 😁

      Besok bikin resep unik lagi yaa .., pasti aku mampir berkomentar.

      Hapus
  2. baru saya mau katakan : INI SAYA SEDANG SAYA CARI.. :)

    nanasnya diparut kan? bukan diblender?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Affan, sepertinya kalo untuk selai lebih bagus diparut, karena kalo diblender tekstur serat nanasnya ngga ada.

      Bener ngga, kak Sarah ?

      Hapus
    2. ya kak..nanasnya di parut, iihh kak himawan malah lebih pintar dari Saya.. jadi maluuu eeii

      Hapus
    3. Wukakakaka ..
      Aku taunya juga pernah nonton mamaku marut nanas di dapur waktu mau bikin selai,kak 😂 ...

      Kok Sarah, ayo bikin artikel lagi..
      Kutunggu artikelnya,ya ☺

      Hapus

My Instagram