Menulislah...Ceritakan Apa Yang Kamu Rasakan

Nama 6 Jembatan Yang Ada di Barelang Batam

Saya rasa tidak semua masyarakat Batam mengetahui nama nama jembatan yang menghubungkan antara Batam dengan pulau pulau ujung Galang. Mungkin kebanyakan orang termasuk saya hanya menyebutnya dengan nama jembatan 1,2 sampai yang terakhir 6 didaerah Barelang.

Nah setelah beberapa tahun tinggal di Batam, saya baru tau bahwa 6 jembatan yang menghubungkan pulau satu dengan pulau yang lainnya memiliki nama disetiap jembatannya.

Apa saja nama jembatan tersebut ?

1. Jembatan 1  / Jembatan Tengku Fisabilillah
Jembatan ini menjadi icon kota Batam, setiap hari jembatan Tengku Fisabilillah ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun luar, Banyak para pedagang yang wara wiri disekitar jembatan ini, bahkan para photographer pun selalu siap sedia menawarkan jasanya. Jembatan 1 merupakan penghubung Batam ke Pulau Tonton.

Area Barelang Bridge

Jembatan Tengku Fisabilillah

2. Jembatan 2 / Jembatan Nara Singa
Karena jembatan Tengku Fisabilillah sering ramai dikunjungi oleh wisatawan, maka sebagian masyarakat mulai beralih ke jembatan Nara Singa, untuk bersantai ditepian pagarnya. Jembatan Nara Singa ini penghubung Pulau Tonton menuju Pulau Nipah.

Jembatan Nara Singa

3. Jembatan 3 / Raja Ali Haji.
Jembatan Raja Ali Haji tak selebar jembatan sebelumnya, sehingga jarang sekali masyarakat yang bersantai disini. namun bagi para pemancing, jembatan Raja Ali Haji lokasi yang pas untuk melempar umpan kelaut. Jembatan Raja Ali Haji menghubungkan Pulau Nipah ke Pulau Setokok.

Jembatan Raja Ali Haji
4. Jembatan 4 / Sultan Zainal Abidin.
Jembatan Sultan Zainal Abidin juga mulai dijadikan tempat bersantai oleh masyarakat Batam, karena view lautnya cukup indah, dan untuk para pemancing, lokasi jembatan 4 ini masih menjadi favorit untuk melempar umpan kelaut. Jembatan Sultan Zainal Abidin menghubungkan Pulau Setokok ke Pulau Rempang.

Jembatan Sultan Zainal Abidin
5. Jembatan 5 / Tuangku Tambusai.
Jembatan Tuangku Tambusai ukurannya cukup lebar, dan view laut disini begitu bagus sehingga jembatan ini sering dijadikan tempat beristirahat oleh wisatawan untuk melepas penat karena perjalanan jauh. Jembatan Tuangku Tambusai menghubungkan Pulau Rempang ke Pulau Galang.

Jembatan Tuanku Tambusai
6. Jembatan 6 / Raja Kecik
Jembatan Raja kecik merupakan jembatan terakhir yang menghubungkan Pulau Galang ke Pulau Galang Baru. sepanjang perjalanan menuju jembatan Raja Kecik kita akan disuguhi pemandangan bukit dan laut yang cukup indah dan memanjakan mata.

Jembatan Raja Kecik
Nah itu dia nama nama jembatan yang menghubungkan Batam dengan Pulau Pulau di sekitarnya. Masyarakat sendiri lebih nyaman menyebut kawasan ini dengan sebutan BARELANG yang berarti Batam Rempang Galang. Semoga bermanfaat untuk menambah wawasan kita semua.








1 komentar:

My Instagram