Menulislah...Ceritakan Apa Yang Kamu Rasakan

Terlilit Hutang Akibat Membungakan Uang

Sebagian orang sudah tau, bahwa menjadi renternir itu perbuatan yang tidak baik, memang maksudnya menolong, namun terkadang tak jarang bantuan tersebut malah menjadi musibah bagi si peminjam dan renternir itu sendiri.

Kehidupan yang semakin sulit, membuat kebanyakan orang memilih meminjam kepada renternir dengan alasan syarat syarat peminjaman tidak serumit jika ia mengajukan peminjaman kepada pihak Bank. Apalagi jika si peminjam membutuhkannya saat itu juga. Tak ayal lagi, bunga yang diluar kewajaran pun disanggupi

Si renternir biasanya menanyakan harta apa yang bisa di agungkan, jika si peminjam tak sanggup membayar hutangnya. Baik dari motor maupun handphone, bahkan apapun yang ada dirumah si peminjam berhak ia ambil sebagai ganti rugi atas hutang yang tak sanggup dibayar sesuai perjanjian.

Tapi taukah anda, bahwa renternir juga bisa terlilit hutang akibat membungakan uangnya ?

Ada suatu masa, ketika sang renternir biasanya memberikan bunga sebesar 10 % dari pinjaman, tiba tiba ditawari bunga 15% setiap bulannya. Melihat kesempatan ini sang renternir pun langsung menyetujuinya, Cash 50 juta siap ditransfer,  Bulan demi bulan semua berjalan sesuai dengan kesepakatan, sehingga sang peminjam ingin meminjam lagi dengan alasan mendapat proyek yang lebih besar, untuk itu butuh tambahan modal lagi sebesar 50 juta. Dana kedua cair tanpa perjanjian baru. Dan dalam hitungan bulan pun, semua kembali sesuai dengan kesepakatan.

Selanjutnya sang peminjam menawarkan kerjasama kembali kepada renternir, Kali ini dengan jumlah yang fantastis 250juta. karena 2x kerjasama begitu lancar dan membuat renternir tersenyum karena uangnya kembali berlebih lebih dari yang ia keluarkan, maka sang renternir pun berusaha mencarikan uang tersebut dan segera mentransfernya . 6 bulan berjalan pembayaran macet. Sang peminjam mulai berkilah dengan seribu satu alasan.  Dan sang renternir pun kebingungan, karena ternyata sang renternir pun meminjam uang kepada pihak lain.

Setiap bulan uang yang dijanjikan tak kunjung datang, Sang peminjam uang lari entah kemana, dan sang renternir ini pun yang biasanya hobi berbelanja menjadi orang paling miskin didunia, karena uang yang ia dapatkan dari sang peminjam yang lain, hanyalah untuk menutupi hutangnya ditempat lain. 

Hikmah yang diambil diatas, boleh jadi kita sebagai manusia, jangan pernah bermain dengan riba, sedangkan dalam keadaan terdesak saja kita tidak diperbolehkan , apalagi jika kita memiliki tujuan ingin memperkaya diri dengan membungakan uang. Nauzubillah.. 


Image result for gambar rentenir
Jauhi Riba




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

My Instagram