Hello Serah,

Menulislah...Ceritakan Apa Yang Kamu Rasakan

Juli 17, 2018

Sambal Tempoyak Durian Campur Udang ?? Hmmm Favorit Aku Banget

by , in
Tempoyak merupakan makanan yang berasal dari buah durian, kadang buah durian ada yang tawar atau asam, nah daripada di buang biasanya penjual buah durian mengolahnya menjadi tempoyak. Proses pembuatan tempoyak itu sendiri tidak lah sulit, setelah buah durian dipilih dagingnya, kemudian didiamkan semalaman dan dikasi sedikit garam. Setau aku gitu aja cara membuat tempoyak ini.



Rasa Tempoyak yang sudah didiamkan semalaman ini menjadi agak asam asam gitu, dan biasanya orang orang mencampurkannya dalam masakan, yakni asam pedas atau sambal udang dan sambal sotong.

Nah kali ini, aku berusaha kembali mengingat cara ibuku memasak tempoyak untuk dijadikan sambal.

bahan bahannya sesuai seleraku aja:

  • 4 Sendok makan minyak untuk menumis
  • 1/2 gelas air putih
  • 6 siung bawang putih
  • 6 siung bawang merah
  • 1/2 ons cabe kering
  • garam dan gula secukupnya
  • tempoyak beli dipasar sebungkus 5 ribu
  • 1/2 kg udang yang sudah dikupas dan dibersihkan


Cara membuat dan memasaknya :
giling cabe kering beserta bawang putih dan merah kemudian tambahkan garam sesuai selera. Setelah itu tumis cabe sampai harum, masukkan udang dan aduk aduk lagi, setelah itu kasi air dan masukkan tempoyak kemudian aduk aduk lagi dan tutup sekitar 5 menit. Setelah itu tambahkan gula pasir aduk sampai mulai mengering angkat dan hidangkan beserta nasi putih yang masih panas juga.



Selamat mencoba dan selamat makan :) 



Juli 05, 2018

Wisata Foto di Teluk Angin Sekupang Batam

by , in

Wisata di daerah Sekupang tepatnya di Kampung Dangas Bukit Harimau Sekupang Batam semakin hari semakin bertambah, salah satunya wisata Teluk Angin yang menyediakan beberapa kawasan yang bisa di pilih oleh pengunjung untuk bersantai. Dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000/ orang sudah include sama parkirnya. 


Salah Satu Spot Foto di Teluk Angin Sekupang


AREA PANTAI

Setelah pintu masuk, kira kira 5 meter saja, sudah nampak area pesisir pantainya, hanya saja pengunjung kudu menuruni anak tangga untuk dapat bersantai ditepi pantainya. Meski area pantainya tidak begitu besar, namun lokasinya cukup nyaman untuk berleyeh leyeh manjah. Masuk kawasan Pantai Free

Kawasan Pantai Teluk Angin Sekupang

BUKIT ANGIN
Dari namanya saja sudah pasti kita tau bahwa lokasi ini  terletak diatas bukit. Dengan dikelilingi pohon pohon besar tinggi menjulang, kawasan Bukit Angin begitu dingin dan teduh. Tersedia beberapa tempat duduk dari batang pohon kelapa yang viewnya pas menghadap kelaut lepas, dan ada juga puluhan spot foto yang menanti pengunjung disana, jadi silahkan kamu siapkan gaya terbaikmu ya. Spot foto ini Free jadi nikmatilah, namun tetap jaga keberadaan spot foto disana ya, jangan sampai merusaknya.

Salah Satu Spot Foto di Teluk Angin Sekupang

AREA KOLAM RENANG

Area kolam renang yang ada bisa dinikmati anak anak maupun dewasa dengan membayar Rp 5.000/ orang, untuk bilas mereka dikenakan harga Rp 3.000/ orang. Sempat saya tanyakan kenapa kolam renang ini tidak di gratiskan saja ? namun pengelolanya menjawab, bahwa air tersebut mereka pun beli, sehingga mau tak mau mereka harus membebankan biaya untuk wahana ini. 

Add caption

FOTO 3 DIMENSI DIBANGUNAN KOSONG
Sebuah bangunan kosong yang ada di teluk angin, dijadikan area 3Dimensi. Ada sekitar 10 spot foto dengan latar belakang yang cukup menarik, Nah masuk disini dikenakan biaya Rp 10.000/ orang. Namun gak nyesal deh meski bayar karena hasil fotonya akan membuat hatimu senang, percaya deh :) itu jika kamu pandai mengambil momentnya, kalo kamu gak pandai memotret, kamu bisa minta bantuan penjaganya, karena dengan senang hati mereka akan mengarahkan gayamu.

Salah Satu Spot Foto 3D

Menuju wisata Teluk Angin, pengunjung disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi, karena memang belum ada angkutan umum yang lewat arah bukit dangas. Selamat berlibur dan tetap jaga kebersihan ya :) 

Gerbang Teluk Angin Sekupang Batam







Juni 05, 2018

Belajar Membuat Selai Nanas Untuk Kue Nastar

by , in
Kalo ditanya apa aku bisa memasak dan membuat kue ? rasanya jawabannya yaa pandailah dikit dikit, namun entah apa rasanya aku pun tak yakin, karena selama memasak aku lebih sering menggunakan bumbu instan yang sudah banyak tersedia dipasar, jika disuruh mengulek sendiri bahan bahannya, duuhh malasnya minta ampun :(  jangan ditiru ya

Nanas yang sudah diparut dan dicampur dengan gula pasir, kayu manis, cengkeh

Nah entah mimpi apa si kawan tiba tiba datang kerumah membawa dua buah nanas ukuran besar, aku yang benar benar alergi dengan buah nanas ini jadi mengerutkan kening. Ini buat apa, aku gak suka nanas loh, apalagi memasaknya ucapku pada kawan yang mungkin dia belum tau bahwa aku gak suka nanas karena pernah trauma makan buah ini banyak kemudian lidahku gatal, sejak itu aku gak mau lagi makan nanas. Namun sikawan hanya berkata, terimalah mana tau kamu mau buat kue nastar, kan tak lama lagi lebaran tiba. Sebenarnya aku malas menerimanya karena bakalan gak ada waktu untuk membuat kue nastar, pun memang aku gak pandai membuatnya, namun demi menjaga perasaannya aku terima saja.

Nanas yang telah di parut



Kayu manis dan cengkeh

Dua hari nanas itu dirumah, dan masih terletak didapur tanpa ku sentuh, namun kuliat warna kulitnya sudah benar benar menguning, artinya mungkin nanas ini akan segera busuk, meski agak malas aku coba browsing juga cara membuat selai nanas. Melihat bahan bahan yang digunakan dalam membuat selai semua ada dirumahku, akhirnya aku coba membuatnya

Bahan Bahan Membuat Selai Nanas :

2 Buah Nanas potong dan bersihkan kemudian diparut
5 Sendok Gula Pasir
Kayu manis, cengkeh secukupnya

Cara Membuatnya :
Masak nanas yang sudah dikasi gula pasir , kayu manis dan cengkeh, kemudian aduk aduk terus sampai air nya habis dan mengental, ketika mulai mengental dan sedikit berubah warna, kecilkan api kemudian aduk aduk lagi sampai benar benar kering, kemudian matikan api dan biarkan dingin

Ketika sudah dingin aku mencoba selai yang aku buat, rasanya manis dan aku sendiri tak tau apakah benar begitu rasanya seperti yang orang orang buat. Karena jujur memang aku gak pandai membuatnya, namun setidaknya aku tidak mengecewakan teman yang sudah memberiku buah nanas ini, dan yang pasti tak ada yang tak bisa jika kita mau melakukannya. :) 


Sudah jadi Selai Nanas

Buat kalian... jangan kasi aku nanas lagi ya? kalo mau ngasi buah itu pisang, alpokat, pepaya, rambutan nah ini buah buahan favorit aku, yakin sebentar aja ludes di mulutku :) 



Juni 03, 2018

Menikmati Masa Kehamilan Saat Kuliah Ternyata Tak Bikin Repot

by , in
Aku menikah diusia 20tahun. Saat hari pernikahan kebetulan aku baru siap menstruasi, jadilah aku disebut bunting pelaminan oleh orang tua dulu dulu, karena pasca pernikahan sebulan kemudian aku langsung dinyatakan positif hamil. Senang ? Sudah pasti namun ada juga kerisauan hati karena saat itu aku masih kuliah semester 5, aku berfikir gimana aku bisa aktif kuliah ya jika perut ku makin lama makin membesar, ini pasti akan menganggu aktivitas ku. 



Kerisauan hatiku aku sampaikan kepada si Abang, kok aku cepat kali hamil, padahal aku kan masih kuliah dan masih pengen menikmati masa berduaan keluh ku pada Abang, saat dia pulang kerja. Namun Abang menjawab, syukurlah kamu cepat hamil, artinya Abang kan tokcer..hrrrgg kerisauan hatiku malah ditanggapi dengan candaan. Dek..jaga saja kandungannya, semoga anak ini tak rewel jadi dia tak menganggu kuliahmu, dan semoga dengan lahirnya anak kita nanti, Ibu jadi bisa menerima kita kembali dan merestui kita. Aku terdiam dan ya mungkin saja ini jalan Tuhan untuk kami agar hati Ibu luluh ketika cucu pertamanya lahir, maklum saja pernikahan kami ini memang ditentang oleh Ibu sejak kami pacaran 3 tahun lalu.

Yang Disukai Saat Ngidam

Sambal Kerang / Kepah
Seperti wanita wanita lainnya, saat memasuki bulan pertama dan kedua kehamilan aku merasa mual di pagi hari, dan pengen ini itu. Namun gak aneh aneh juga permintaan aku, paling aku suka di belikan sambal kerang. Duuh kalo udah ada sambal kerang ini aku makannya buanyaakk..mau nya nambah dan nambah lagi..

Yang Tidak Disukai Saat Ngidam

Bakso
Bakso adalah kuliner yang disukai sejuta umat, termasuk diriku, itu saat sebelum aku hamil, Namun ketika aku dalam masa ngidam, bakso merupakan kuliner yang paling tidak kusukai.. duuh bener bener langsung mau muntah jika ada yg menyebut bakso didepan ku..heheh aneh banget ya..  Bayangkan satu bulatan bakso itu aku gak bisa habis..udah eneq duluan, pernah dipaksa sama Abang karena dia mikir aku mengada ada..akhirnya aku muntah.. sejak itu dia tak mau lagi mengajakku makan bakso.

Aku bersyukur kehamilan pertama ini, dedek bayi nya tak rewel, aku bisa makan apa saja kecuali bakso. Aku bisa beraktifitas seperti biasanya tanpa ada yg berubah dari fisikku selain perut yang mulai buncit. Dedek bayi nya aktif saat memasuki usia 4 bulan, dimana saat itu aku sedang sholat, disaat aku fokus membaca ayat sholat kemudian dug dug dug aku merasakan ada detak jantung lain selain jantungku, sesaat hilang fokus sholatku, namun aku kembali fokus utk membaca ayat Alquran lagi lagi suara detak jantung berbunyi kembali. Aahh kali ini benar2 hilang fokus sholatku, aku membaca ayat Alquran begitu cepat sehingga sholatku seperti orang yg dikejar dukun beranak.. begitu cepat selesainya hehehehe.

Aku kembali mencoba diam dan ingin merasakan kembali detak jantung tersebut, namun suara itu tak lagi terdengar sampai capek aku menunggu nya dalam diam tak juga suara itu terasa...hhrrg masih kecil udah pandai main2 kamu ya nak..awas ya kalo lahir nanti umi cubit kamu..itulah candaan ku yg kusampaikan pada bayi yg ada didalam perutku.

Hari hari berlalu, tak terasa aku sudah semester akhir untuk pembuatan skripsi, dan kandungan ku pun mau masuk 9 bulan. Setiap hari aku dan dedek bayi berlomba dengan waktu utk menyelesaikan skripsiku. Tiap pagi aku tetap mengendarai motor utk pergi ke perusahaan tempat aku mengambil data data utk skripsiku, pulang sudah sore dan kembali menjadi istri yang harus menyediakan keperluan suami. Aku begitu bersemangat menyelesaikan skripsiku sampai akhirnya skripsi ku siap dan diterima oleh sang dosen pembimbing. Tinggal menunggu sidang. Aku pun senang dan lega..karena tak sia sia usahaku selama hamil ini. 

Terimakasih ya nak kamu kuat umi pun ikut kuat.😊 Malam harinya aku sangat kelelahan karena full aktivitas hari ini, kurasakan mulai sakit perut ku. Awalnya aku diam saja dan coba untuk tidur. Namun kok semakin sakit, aku pun mengeluh kepada Abang bahwa perutku sakit. Si Abang dengan sabarnya mengelus elus perutku, mana tau reda sakitnya, namun kenyataanya malah makin sakit dan itu sesaat namun sering. Melihat aku mulai kesakitan si Abang pun sigap menyiapkan beberapa helai kain, dan mengajakku untuk ke klinik bersalin.


                                                  =========Bersambung =======
Mei 24, 2018

Emeron Complete Hair Care Memperbaiki Rambut Rusak Secara Perlahan Tapi Pasti

by , in

Emeron Damage Care

Duuuh jadi wanita zaman now  itu banyak yang bilang ribet, karena urusan dari kaki sampai kepala kudu diperhatikan sedetail detailnya, maklum saja wanita zaman now itu sekarang kebanyakan aktif diluar, sehingga penampilan yang sempurna sangat didambakan agar rasa percaya diri tetap ada jika sedang berada di dekat relasi kerja.

Mulai dari merawat kulit agar tetap keliatan bersih dan mulus, hingga merawat rambut agar tetap rapi dan enak dipandang mata, semua harus diperhatikan. Nah bagaimana dengan wanita seperti aku yang memiliki banyak aktifitas diluar, dimana sehari hari aku harus menggunakan motor menempuh jarak berkilo kilo meter. Memang wajah bisa aku tutupi dengan masker agar tak terkena debu atau asap kendaraan secara langsung, namun bagaimana dengan rambutku, rambut yang ditutupi oleh hijab kemudian ditutupi lagi dengan helm yang kedap dikepala, terkadang membuat aku merasa gerah, panas, dan lembab sehingga menimbulkan aroma kurang sedap. Duuh bete juga loh kalo sudah begini.  Apalagi aku tipe wanita yang senang ke pantai, bermain dipantai bahkan mandi di Pantai, tak ayal tubuh dan rambut kena air asin deh , membuat kulit jadi lengket, apalagi rambut mudah jadi rusak.

Dari aktifnya aku berinteraksi diluar ruangan, membuat rambutku semakin kasar dan lama lama menjadi  patah dan rontok, karena saat habis keramas biasanya aku tak menunggu kering dulu sudah aku ikat, dan ini menjadi masalah yang cukup merisaukan hatiku, bagaimana kalo lama kelamaan rambutku jadi tipis dan akhirnya menjadi botak ? ooooowww tidak..aku tidak berani membayangkan hal itu terjadi pada rambutku. Rambut harus aku jaga meski ia tertutup hijab, karena bagaimanapun rambut ku merupakan mahkotaku.

Tak mau membiarkan rambutku semakin rusak, aku pun menyadari jika aku butuh  perawatan rambut alami nah disini aku coba mencari tau tentang berbagai produk rambut. Aku bertukar fikiran dengan adikku, dan dari pengalaman adikku sendiri aku disarankan untuk  Coba Emeron . Mengingat masalah rambut ku ini tak hanya patah dan rontok, jadi aku memilih menggunakan Emeron Complete Hair Care  yang gak cuma mengembalikan tampilan rambut, tapi juga memberikan nutrisi yang baik untuk  setiap helaian rambutnya.

CARA MENGGUNAKAN EMERON COMPLETE HAIR CARE :

Setelah membeli produk Emeron di supermarket terdekat, aku pun menggunakan Shampoonya, seperti biasa. Setelah membasahi rambutku tinggal tuang secukupnya Shampoo dan usapkan deh keseluruh rambut mulai dari kulit kepala sampai keujung rambutnya, setelah itu bilas deh. udah selesai ?? belum dong sayang, karena selanjutnya kita akan melanjutkan penggunaan conditionernya. Tuang ketelapak tangan sesuai kebutuhan, kemudian usapkan dari tengah rambut sampai ujung rambut, kemudian diamkan beberapa menit agar nutrisinya meresap lagi keseluruh rambut, terakhir bilas deh sampai bersih, perlu diingat saat pemakaian conditioner hindari penggunaanya di area kulit kepala ya.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal, aku lanjutkan perawatan rambut rusakku dengan memakai Hair Vitamin dari Emeron, pemakaian vitamin ini disarankan saat rambut kita masih lembab atau habis kita keramas ya,  tinggal usapkan sedikit demi sedikit vitamin tersebut dirambut sampai keujungnya, agar rambut tidak mudah patah dan tentunya menjadi lebih kuat.

Emeron Nutrive Conditioner

Karena adanya kandungan bahan alami yang terdapat dalam buah alpukat dan formula Active Provit Amino dari teknologi jepang, dalam waktu 7x pemakaian mulai deh kelihatan ada perubahan pada helaian rambutku, yang tadinya kasar, lepet, rontok dan patah kini lebih terasa lembut dan wangi. Aku suka deh.  Selanjutnya aku terus dan terus memakain produk Emeron Complete Hair Care ini, agar rambutku tetap terjaga keindahannya, dan pastinya sehat juga dong. 

Sekarang masalah rambut bukan lagi jadi masalah yang merisaukan hatiku, mau aku main kepantai berpanas panasan dan mandi di air  asin yang bisa bikin rambutku lengket, mau aku pake helm yang kedap dikepala berlama lama, aku gak takut lagi, karena selalu ada Produk Emeron yang menjaga rambutku dari segala kerusakan. Terimakasih Emeron, ternyata rambut ku cocoknya sama kamu :) 













.


Mei 23, 2018

Memutuskan Menikah Mudah di Usia 20 Tahun Tanpa Restu Keluarga

by , in



Banyak yang kaget saat Aku membagikan undangan pernikahanku, karena pembahasan masalah pernikahan tak pernah terucap dari mulutku saat sedang berkumpul dengan teman teman sekolah maupun teman di akademi.

Beneran kamu mau menikah ?kok mendadak ? bukan karena kamu hamil duluan kan ? pertanyaan itu wajar saja terucap dari semua pihak baik dari keluarga maupun teman temanku. Namun aku dengan santai menjawab, ini mungkin takdirku, karena waktu kecil aku memang pernah berucap ingin menikah pada usia 20 tahun, dan Tuhan mengabulkannya.

Saat aku berusia 7-10 tahun, aku sering mendengar cerita mamak, bahwa dijaman Beliau, anak perempuan tak wajib bersekolah tinggi, karena ujung ujungnya kedapur juga, apalagi datok dan nenek bukanlah orang berduit, sehingga bisa mengenyam sekolah dasar sampai tamat pun mamakku rasanya sudah bersukur sekali, namun sayang, mamak hanya sampai kelas 5 sekolah dasar, kemudian berhenti, dan melanjutkan menolong datok dan nenek keladang saja. 

Dan diusia 14 tahun mamak sudah dilamar oleh keluarga Bapak, mereka dijodohkan dan bertemu saat dipelaminan. Tak ada istilah bulan madu bagi mamak, karena setelah menikah, mamak memang langsung menjalankan perannya sebagai istri, dapur, kasur, sumur, namun mamak tidak menyesali semuanya, baginya itulah takdirnya.  Nah dari seringnya cerita ini aku dengar, aku pun berfikir dalam hati dan menghitung hitung sendiri, jika Sekolah Dasar 6 tahun, artinya usiaku 12 tahun, ditambah SMP 3 tahun dan SMA 3 tahun, artinya umur ku masih 18 tahun. Kalo begitu pas dong usiaku 20 tahun aku menikah, setidaknya aku sudah tamat sekolah, begitu lah pemikiranku saat masih kecil, pemikiran polos namun ternyata di catat malaikat dan didengar oleh Tuhan.

Aku mengenal si Abang dari adiknya yang ternyata satu sekolah denganku, meski kami tidak satu kelas. si Abang sering melihat aku menitipkan motor disamping rumahnya, kebetulan rumah temanku persis dibelakang rumahnya. Suatu hari ia sengaja mengambil busi motorku dan itu membuat motorku tak bisa hidup, kemudian dia sok sok jadi pahlawan kesiangan yang berusaha membantu dan menghidupkannya, aku yang memang tak mengerti tentang motor, ya akhirnya berbahagia dengan bantuannya.

Perkenalan kami tak berhenti disitu, Sebuah boneka kuterima dari adiknya yang diantar langsung kerumahku, katanya dari abangnya. Jujur aku senang, ya senang saja tidak lebih. Aku tidak tertarik sama abangnya, karena abangnya terlihat tua, dan bukan tipe ku juga.

Hari hari berlalu, kebaikan si Abang ternyata semakin banyak aku terima, dan dia sangat pandai mengambil hati keluargaku. Sehingga dari keluarga dan teman temanku aku disarankan untuk belajar menerimanya.

Singkat cerita, si Abang makin gencar kerumah, dan akhirnya aku bisa juga menerima sebagai pacarku. Namun ketika aku ingin dikenalkan sebagai pacarnya dirumah keluarganya, ternyata aku tidak diterima dengan baik oleh Ibunya, sikap dingin Ibu membuat ku merasakan bahwa memang aku tidak disukai, kalo anggota keluarga yang lain biasa saja.

Si Abang sering menghiburku dan meyakinkan aku bahwa semua akan baik baik saja, Ibu orangnya tak seperti yang aku bayangkan, begitulah kata kata yang selalu Abang ucapkan padaku, karena setelah kejadian itu aku sedikit malas melanjutkan hubungan.

Aku sendiri sudah menjadi anak piatu sejak berusia 14 tahun atau kelas 2 SMP, masak ketika aku memiliki pacar, aku tak bisa juga merasakan hangatnya dan nyamannya memiliki seorang Ibu ? dan ketidaknyamanan aku ini aku sampaikan kepada si Abang.

Masalah ternyata tak semudah yang kami bayangkan, ketika kami nekat tetap bersama, sang Ibu malah semakin marah, dan itu membuat  si Abang memilih keluar rumah demi mempertahankan aku, karena sang Ibu tak kunjung memberi restunya.

Abang memilih kost, dan itu membuat aku merasa bersalah, berkali kali aku minta putus, karena aku tak mau memisahkan Ibu dan anak, tetapi Abang tetap ngotot untuk bertahan, dan berjanji semua akan baik baik saja, asal aku mau bersabar dengan sikap Ibu.

3Tahun berlalu, kami masih saja tidak mendapat restu, di usir , dimarahi, dan dikata katain dengan kata yang tak pantas membuatku merasa begitu sedih, kenapa begitu sulit hubungan ini ? apa salahku ? apa aku tak pantas mendapat kasih sayang seorang Ibu ? hal ini membuatku frustasi dan akhirnya aku selalu meminta putus dari Abang karena tidak tahan.

Namun lagi lagi Abang memintaku bersabar, dan Abang mengajakku menikah, mungkin dengan menikah dan punya anak, hati Ibu akan luluh ketika melihat cucunya. Sedikit kaget mendengar ajakan Abang untuk menikah, mengingat aku masih kuliah dan aku belum siap. Namun Abang meyakinkan aku bahwa inilah jalan satu satunya yang terbaik agar kami tak bisa dipisahkan.

Ntah kenapa aku menyetujui saja rencana Abang untuk menikah, dan menemani Abang menemui Bapak dan bibik ku untuk membicarakan masalah pernikahan kami. Awalnya semua kaget kenapa mendadak, apa aku hamil ? Abang dengan tersenyum menjelaskan bahwa Anak Bapak tidak hamil pak, Saya merasa sanggup bertanggung jawab atas anak Bapak. Begitulah Abang menyakinkan keluargaku. Dan akhirnya keluarga juga menyerahkan keputusan semua ditangan kami berdua.

Jadilah 3 bulan waktu kami mempersiapkan pesta pernikahan yang sederhana, tanpa restu dari Ibu.

====================Bersambung==============



Mei 20, 2018

Bermain Bersama Puluhan Kelinci di Taman Kelinci Sekupang Batam

by , in
Hai warga Batam, udah pada tau belum bahwa di Batam sudah ada wisata Taman Kelinci ? Wisata ini baru saja dibuka di daerah Sekupang, tentunya Taman Kelinci merupakan wisata edukasi bagi anak anak untuk mengenal lebih dekat jenis hewan nan lucu ini.

Anak anak sedang melihat kelinci makan

Pagi atau sore hari merupakan waktu yang tepat untuk berkunjung ke Taman Kelinci, karena view sekitaran Taman cukup bagus, dan pastinya yang banyak berkunjung ke Taman Kelinci adalah para orang tua yang mengajak anaknya berlibur.  Tidak sulit juga  menemukan wisata taman kelinci, karena posisinya dijalan Ir. Sutami  persis didepan Akasia Hotel atau Sijori Resort & Spa Sekupang Batam.

Masuk ketaman kelinci, pengunjung diwajibkan membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000 untuk dewasa dan anak anak Rp 5.000, serta parkir motor Rp 1.000. Area Taman Kelinci tidak begitu besar, namun cukup banyak spot spot foto yang bisa dinikmati oleh para pengunjung.

Pintu masuk Taman Kelinci Sekupang

Beberapa  area outbound untuk anak anak tersedia di Taman Kelinci , dimana terdapat rumah pohon, ayunan dari ban, dan beberapa spot spot outbond lainnya. Selain itu ada juga beberapa becak yang disediakan untuk berfoto, ada hammock untuk bersantai, ada kursi kursi santai yang terbuat dari kayu , serta beberapa rumah kayu yang diukir dengan unik dan ternyata itu adalah rumah dari para kelinci agar mereka tidak kehujanan dan kepanasan, dan rumah tersebut dikasi lampu juga loh, jadi pastinya para kelinci tidak akan kegelapan.

Area Taman kelinci Sekupang

Pengunjung cukup ramai saat weekend dan libur sekolah, dan Saya tak heran jika anak anak lah yang paling antusias kesana kemari bermain bersama kelinci, karena memang di taman ini kelinci dibiarkan lepas. Ada juga anak yang takut dan geli, ada juga yang berani memberi kelinci makan langsung dari tangannya.

Peran orang tua sangat penting untuk mengawasi anak anaknya saat bermain bersama kelinci,  jangan sampai anak anak tersebut menyakiti tubuh kecil sang kelinci. Anak anak juga harus diberi pengetahuan bagaimana menggendong kelinci, jangan sampai mereka memegang kelinci dengan cara mencekik lehernya. 

Area Outbond Anak anak di taman kelinci Sekupang

Kelinci yang ada ditaman cukup banyak, mungkin puluhan dari ukuran besar, sampai bayi kelinci pun juga ada. Dan mereka diberikan rumah rumah kayu yang didesain seperti miniatur rumah adat, didalam rumah juga sudah tersedia makanan, dan penerangan.

Menuju taman kelinci bisa menggunakan angkutan umum Trans Batam tujuan Sekupang, kemudian turun didepan jalan Ir. Sutami, setelah itu  bisa dilanjutkan dengan gojek, karena jika melanjutkan dengan berjalan kaki memang masih jauh lagi, sekitar 2 km, Namun untuk lebih mudah dan efisien memang menggunakan transportasi pribadi saja.

Selamat berlibur ya, jangan lupa tetap jaga kebersihan area Taman Kelinci :) 


My Instagram